cindy harpenia claudy

cindy harpenia claudy
cindy harpenia claudy

Jumat, 12 November 2010

I LOVE KOREA :D

 

WHY WE LOVE KOREAN DRAMA

Sorry_i_love_you

Sejak serial Korea ENDLESS LOVE ditayangkan di Indonesia
badai
Korea
mulai melanda
Indonesia
atau yang sering dibilang Korean Waves atau kata orang Korea Hallyu. Dari cerita cinta kakak beradik yang berakhir tragis ENDLESS LOVE, kisah penuh intrik HOTELIER, cerita musim panas SUMMER SCENT, kisah sedih STAIRWAY TO HEAVEN, lika liku kehidupan pasangan muda di WONDERFUL LIFE, kisah penuh tragedi Memories of Bali, cerita full komedi dan romantis Full House & Sassy Girl Chun Hyang, kisah banjir air mata Sorry I Love You, cerita penuh sejarah Jewel in The Palace, kisah cinta pangeran dan putri mahkota kerajaan di jaman modern PRINCESS HOURS. Juga cerita balas dendam yang berakhir cinta A love To Kill yang katanya ceritanya mirip dengan Sorry I Love You, lika liku kisah pasangan muda yang baru menikah dalam serial WEDDING dan tidak ketinggalan kisah sepupu pura-pura dengan segala intrik kebohongan yang berakhir cinta di MY GIRL.
Bukan hanya kita yang tinggal di Indonesia yang suka nonton serial drama Korea tapi juga negara-negara tetangga kayak Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina dan negara Asia lain kayak Jepang, Taiwan, dan China bahkan India juga negara Timur Tengah sudah kena badai Korean Waves. Dan yang lebih mengejutkan lagi Korean Waves juga sudah melanda negara yang lebih jauh lagi seperti Amerika Latin dan Eropa Timur bahkan Amerika Serikat.
Salut banget buat Korea
yang udah bikin serial drama yang mendunia. Tidak mengherankan karena serial drama
Korea
punya kualitas yang patut diacungin jempol.
Lalu apa sih yang membuat kita betah banget buat nonton dan mengikuti serial Korea
:
1. CERITA
Cerita di serial Korea
itu tipikal banget. Ceritanya banyak yang mirip dan kebanyakan endingnya itu berakhir tragis karena katanya orang
Korea
itu emang suka cerita yang sedih dan banjir air mata. Baru sekarang ini aja mulai banyak yang lucu-lucu. Tapi yang bikin kita ngerasa dekat adalah apa yang diungkapkan dalam serial
Korea
adalah kehidupan sehari-hari yang dekat dengan kebudayaan kita sebagai orang
Asia
. Tipe cerita di serial
Korea
yang paling sering diangkat temanya adalah :
a. Cinta dengan teman masa kecil atau teman semasa sekolah. Tapi pas sudah dewasa malah si cewek cinta sama orang lain. Berhubung sudah terlanjur sayang kalau ada kesulitan pasti si cewek bakal ditolong dan dilindungi sama si cowok itu. Sementara pacar si cewek tahu beres aja.
   [Winter Sonata, Sunshine of Love, Princess Lulu]
b. Cinta karena tinggal bareng yang ngak disengaja atau karena situasi yang membuat mereka tinggal serumah. Namanya aja tinggal bareng tiap hari ketemu jadi bakal ada kontak fisik secara sengaja atau ngak yang bikin hati berbunga-bunga sehingga mereka menjadi terikat dan dekat.
   [Cats on the roof, Little Bride, Full House, Wonderful Life, Oh! Feel Young]
c. Cinta setengah mati tapi pada akhirnya harus berpisah karena kematian biasanya karena penyakit kanker dan kecelakaan.
   [Endless Love, Stairway to Heaven, Memories of Bali
, Sad Love Song, Sorry I Love You]
d. Musuh bebuyutan yang akhirnya jatuh cinta setengah mati. Awalnya saling benci tapi karena berada di dalam situasi yang membuat mereka jadi dekat dan akhirnya jadi jatuh cinta malah jadi ngak bisa terpisahkan.
   [Loving You, Full House, Sassy Girl Chun Hyang, Lovers in Paris, Princess Hours]
Sassy_girl_chun_hyang
2. AKTOR DAN AKTRIS
Kalau dibandingkan secara fisik aktor dan aktris Korea
memang punya kemasan yang OK banget. Sepertinya mereka tahu banget kalau penampilan fisik itu modal utama mereka di dunia hiburan. Bukan rahasia lagi kalau banyak artis
Korea
yang melakukan operasi plastik untuk memperbaiki penampilan terutama mata orang
Korea
yang sipit. Katanya 80% cewek di
Korea
itu melakukan operasi plastik. Tapi ngak semua sih banyak juga artis
Korea
yang punya wajah asli cantik kayak Song Hye Gyo, Kim Hee Sun, Moon Geun Young dan Kim Tae Hee. Pokoknya dibandingkan aktor Asia seperti
Taiwan
dan Jepang aktor
Korea
lebih merawat fisik mereka. Tahu dong gimana body-nya Bae Yong Jun, Kwon Sang Woo, Won Bin, Song Seung Hun dan masih banyak lagi yang lain.
3. SETTING CERITA
Membidik pemandangan yang indah adalah salah satu keahlian pembuat serial Korea, dari perkebunan tempat melarikan diri Eun So dan Chun So di Endless Love, hamparan salju yang indah di Winter Sonata, perkebunan teh di Summer Scent, istana yang unik dan pemandangan alam yang indah di Jewel in The Palace dan Princess Hours dan juga café-café yang keren di serial lain yang bersetting di pusat kota. Pokoknya untuk setiap adegan latar belakang tempat pasti sangat diperhatikan sama sutradara sehingga menghasilkan gambar yang enak buat ditonton.
Summer_scent
4. SOUNDTRACK
Cerita di serial Korea
yang bagus ditambah pemandangan yang indah kalau ditambah lagu soundtrack yang keren pasti jadi barang jualan yang laris manis. Sebuah adegan akan tambah dramatis kalau diiringi dengan lagu yang indah. Seperti lagu “Remember dan My Love” yang mengiringi adegan sedih perpisahan Jung Jae Min dan Lee So Jung. Lagu “I am a Fool” yang sering mengiringi adegan misunderstanding antara Lee Shin dan Chae Kyung juga lagu “Do Isang dan Kum” yang liriknya menyayat hati yang jadi OST. A LOVE TO KILL. Dan masih banyak lagi lagu soundtrack yang ngak kalah bagusnya di setiap serial
Korea
yang kita tonton.
5. MEMORABLE PLACES
Tempat atau lokasi syuting serial Korea
bukan hanya tempat syuting yang pada akhirnya setelah syuting dilupakan begitu saja malahan kebanyakan tempat syuting menjadi tempat pariwisata.
Ada
beberapa tempat syuting serial
Korea
yang sekarang menjadi tempat wisata di
Korea
yang banyak dikunjungi bukan hanya orang-orang
Korea
saja tapi orang-orang dari negara Asia lain pencinta serial
Korea
.
a. Endless Love : Pekebunan tempat melarikan diri Eun So dan Chun So, terutama tempat yang ada pohon besar yang ada guratan nama Chun So yang ditulis oleh Eun So.
b. Hotelier : Walaupun bukan menjadi tempat wisata Hotel Seoul yang sebenarnya adalah Hotel Sheraton di Seoul jadi lebih terkenal lagi setelah menjadi tempat syuting serial Hotelier malahan Kim Seung Woo [Han Tae Jun-Hotelier] pernikahannya diadakan di hotel ini.
c. Winter Sonata : Nami
Island
yang dulunya hanya pulau tak berpenghuni tempat makam Jendral Nami berubah menjadi tempat wisata terkenal yang banyak dikunjungi orang.
Nami
Island
adalah tempat Bae Yong Jun dan Choi Ji Woo sering bolos dan naik sepeda berdua.
Ada
bangku dan meja tempat mereka first kiss yang sekarang jadi tempat yang paling favorit. Konon banyak pasangan turis yang melakukan first kiss di tempat ini.
Nami
Island
ini pernah diliput oleh acara wisata Jalan-Jalan di stasiun TV Indonesia malah pembawa acaranya duduk di bangku tempat first kiss dan diatas mejanya ada bingkai yang bertuliskan FIRST KISS.
d. My Love Pattzi : Taman hiburan EVERLAND yang menjadi tempat syuting serial ini memang katanya taman hiburan terbesar di Asia
pada saat itu.
e. Summer Scent : Taman
bunga tempat Son Ye Jin mengambil foto-foto bunga dan perkebunan teh memang awalnya sudah merupakan tempat wisata setelah serial ini sukses yang datang kesini tambah banyak.
f. All In : Pulau Jeju sangat terkenal keindahannya di Korea
. Pulau ini bukan hanya tampil pada serial All In saja. Serial
Korea
lain yang menampilkan keindahan pulau Jeju adalah Jewel in The Palace, Rosy Life, Princess Hours dan My Girl.
g. Full House : Karena banyak adegan dalam serial ini yang diambil di dalam rumah maka tim produksi sengaja membuat rumah mewah ditepi pantai Icheon. Setelah syuting banyak fans yang datang untuk melihat rumah mewah ini.
h. Memories of Bali : Tentu saja secara tidak langsung serial ini adalah promosi gratis buat Indonesia
. Apalagi Lee Soo Jung [Ha Ji Won] sewaktu menjadi guide pernah mengatakan
Bali
adalah surga dunia yang terakhir.
i.   Sassy Girl Chun Hyang : Legenda Chun Hyang sangat terkenal di kota
Nam
Won. Setelah sukses diangkat ke layar kaca
kota
Nam Won menjadi terkenal begitu juga pemeran utamanya yaitu Jae Hee dan Han Chae Young. Pada perayaan tahunan festival Chun Hyang Jae Hee dan Han Chae Young menjadi tamu kehormatan di
kota
Nam
Won.
j.  Jewel in The Palace : Ada
tour khusus untuk bisa mengunjungi bekas tempat syuting serial Jewel In The Palace bahkan kita bisa memesan baju tradisional Korea Hanbook.
k. Princess Hours : Walaupun belum ada berita tentang bekas tempat syuting yang menjadi tempat wisata di serial Princess Hours tapi sepertinya Pohon Botol [Bottle Tree] dan museum Teddy Bear adalah tempat yang bisa dijadikan pilihan.
Dae_jang_geum
6. GIFT/SOUVENIR
Dalam serial Korea
gift/souvenir juga memegang peran penting. Seperti album soundtrack yang sudah pasti bakal laris karena memuat lagu-lagu di serial
Korea
peranan gift/souvenir sama pentingnya. Gift/souvenir adalah benda/barang yang dipakai oleh artis/aktor di serial
Korea
yang mereka perankan. Walaupun kelihatannya aneh tapi baju kemeja bermotif bunga yang sering dipakai Jo In Sung [Jung Jae Min di Memories of Bali] jadi trend dan laris manis setelah serial Memories of Bali sukses padahal Jo In Sung pada awalnya merasa ngak nyaman memakai kemeja bermotif bunga.
Ada
juga gantungan HP Lee Mong Ryong [Sassy Girl Chun Hyang], kalung Together-Forever yang dipakai Cho Moon Hyuk dan adiknya [Sorry I Love You]. Boneka Teddy Bear yang selalu menemani Lee Shin dan juga Teddy Bear lain yang mempunyai banyak dandanan sesuai karakter pemeran PRINCESS HOURS dijual di internet. Yang mengejutkan bahkan boneka sebesar guling yang wajahnya ada foto Shin yang lagi bete trus sebelahnya yang lagi senyum itu juga merupakan salah satu gift/souvenir dari serial Princess Hours yang dijual di internet, namanya boneka TOFU cushion.
6. CIRI KHAS
Banyak hal-hal yang sering kita temui kalau kita nonton serial Korea
dan bisa dikatakan ciri khas yang mendukung serial
Korea
itu original.
a. Teknologi
Di serial Taiwan
dan Jepang mungkin ponsel hanya untuk adegan menelepon tapi di serial
Korea
maknanya lebih dalam lagi. Dalam sebuah adegan di serial Sassy Girl Chun Hyang waktu Mong Ryong lagi nyari kertas di laci di kamarnya Chun Hyang trus malah ngeliat ponsel Chun Hyang waktu masih SMU dan di dalamnya ada foto-foto mereka waktu SMU. Ada juga video phone yang dikirim Hee Soo ke Wu Jin yang isinya tentang Hee So yang ingin berubah menjadi gadis mandiri di PRINCESS LULU trus ada juga voice mail yang dikirim Song Yi sebagai pesan terakhirnya pada Sung Moon di ROSY LIFE lalu ada juga rekaman video waktu Lee Shin mencium Chae Kyung yang lagi tidur trus di tonton sama teman-teman mereka yang lagi liburan pada ulang tahun Yool di PRINCESS HOURS. Selain itu serial Korea Wonderful Life dan 18 VS 29 juga banyak mengekspos teknologi menjadi bagian cerita yang seru. Dan tidak ketinggalan bagaimana Kang Bok Gu yang sedang di panggil sama Kim Jung Su yang curiga karena calon tunangannya lebih tertarik pada Bok Gu sang pengawal malah membuat foto-foto konyol di ponselnya yang langsung dikirim lewat e-mail ke Cha Eun Suk sang tunangan bosnya di A LOVE TO KILL. Adegan yang lucu tapi mengharukan di MY GIRL waktu Yoo Rin mengirimkan video phone ke ponselnya Tuan Jang yang memperlihatkan Nona Bae [Tante Gong Chan] yang sedang menangis dan bersedih karena ditinggal pergi oleh Tuan Jang. Tuan Jang menjadi luluh hatinya dan kembali ke rumah setelah melihat video phone itu. Akhirnya Nona Bae dan Tuan Jang berbaikan lagi.
b. Adegan mengendong di punggung belakang
Adegan yang paling sering ada di serial Korea
adalah adegan menggendong di punggung belakang dari serial Endless Love sampai Wedding. Hal ini terjadi biasanya kalau ngak si cewek sakit [Endless Love], mabuk [Sorry I Love You] atau karena hanya si cewek ingin digendong atau cowoknya yang mau menggendong.

c. Adegan Menangis
Yang membuat adegan menangis dalam serial Korea
terlihat dramatis adalah para aktor dan aktris membiarkan air mata mereka menggenang lama di mata sampai akhirnya jatuh sendiri ke pipi tanpa mengedipkan mata sementara itu kamera mengambil gambar adegan menangis ini dengan close up.

d. Hormat pada orang tua
Selain hormat pada orang yang lebih tua dengan gaya
menundukkan kepala dan membungkukkan badan. Gaya hormat pada orang tua yang ada pada serial Jewel In The Palace tetap ada di Korea hingga sekarang seperti pada serial Full House waktu Han Ji Eun hormat pada neneknya Lee Young Jae, di Rules of Love juga ada waktu Kim Geun Young memberi hormat pada kakeknya Han Jae Min.

e. Makanan dan minuman
SOJU : Minuman khas Korea
soju yang dikemas dalam botol warna hijau selalu ada pada setiap serial
Korea
. Setiap ada yang adegan patah hati, merayakan sesuatu atau hanya sekedar nongkrong bareng teman pasti ada soju.
DAGING BAKAR : Kalau lagi ada adegan nongrong bareng teman di warung kali lima
yang bertenda pasti menu khasnya daging yang iris tipis lalu dibakar di tungku mini trus minumnya pasti soju.
KIMCHI : Apakah itu sup kimchi, nasi goreng kimchi atau kimchi dimakan gitu aja. Kimchi itu udah jadi trendmark makanan Korea
yang selalu ada di serial
Korea
. Bahkan artis Winter Sonata dan Stairway to Heaven – Choi Ji Woo yang syuting serial Rondo di Jepang bela-belain bawa kimchi dari
Korea
.
NASI CAMPUR : Nasi ini bukan seperti nasi campur yang ada di Indonesia
. Bentuknya seperti nasi goreng [warna merah] tapi ngak dimasak cuma nasi dicampur bumbu bubuk warna merah trus dikasih sayur dan minyak wijen udah gitu diaduk dipanci stainless dan langsung dimakan.
MIE KECAP : Bentuknya sih seperti mie goreng tapi warnanya hitam karena banyak kecapnya. Waktu Lee Soo Jung [Memories of Bali] jadi penjaga di tempat bilyar dan Jung Jae Min datang mereka berdua makan mie kecap.
Sepertinya penggemar serial drama Korea
akan semakin bertambah seiring dengan penampilan bintang-bintang baru yang lebih berkilau juga ceritanya yang makin bervariasi.

Fave Korean Dramas         : My Girl, Wedding, Princess Hours, Rosy Life, 18 VS 29, Jewel in The Palace, Sorry I Love You, Wonderful Life, Full House, Sassy Girl Chun Hyang, Memories of Bali, Summer Scent, Loving You, All In, Hotelier, Models
Fave Korean Actors          : So Ji Sub, Song Seung Hun, Jo In Sung, Kim Rae Won,  Park Yong Ha, Lee Wan, Joo Ji Hoon, Kim Jeung Hoon, Jae Hee, Nam Gung Min
Fave Korean Actresses     : Song Hye Gyo, Ha Ji Won, Jun Ji Hyun, Song Yun Ah, Moon Geun Young
Fave characters               :  - Bae Yong Jun [Hotelier]
   - Song Yun Ah [Hotelier]
   - Park Yong Ha [Loving You]
   - Song Seung Hun [Summer Scent]
                                          - So Ji Sub [Memories of Bali
]
                                          - Jo In Sung [Memories of Bali
] 
                                          - Ha Ji Won [Memories of Bali
]
                                         - Jae Hee [Sassy Girl Chun Hyang] 
                                          - Han Chae Young [Sassy Girl Chun Hyang]
                                          - Song Hye Gyo [Full House] 
                                          - So Ji Sub [Sorry I Love You]
                                          - Lee Young Ae [Jewel In The Palace] 
                                          - Nam
Gung Min [Rosy Life] 
                                          - Joo Ji Hoon [Princess Hours] 
                                          - Kim Jeong Hoon [Princess Hours] 
                                          - Lee Dong Wook [My Girl]
Dedicated to all Korean drama mania.
                                                               
Ni beberapa film korea yang bagus : 

1. LOVERS
2. FANTASY COUPLE
3. BEETHOVEN VIRUS
4. ONLY YOU
5. WORLD WITHIN
6. LOVE in HEAVEN
7. DATING NOW
8. FULL HOUSE
9. LOVE & MARRIAGE
10. LITTLE MOM SCANDAL
11. STAR’S LOVER
12. SPRING WALTZ
13.THE SECRET LOVERS
14. GENERAL HOSPITAL
15. PRINCESS HOURS (Goong)
16. THE LAWYERS of GREAT KOREA
17. 9 END 2 OUTS
18. THE SUCCESSFUL STORY OF A BRIGHT GIRL
19. SORRY, I LOVE YOU
20. WHEN IT’S A NIGHT
21. ALL ABOUT EVE
22. ILJIMAE
23. WHO ARE YOU?
24. MY SWEET SEOUL
25. THE VINEYARD MAN
26. ONE MOM AND THREE DADS
27. THANK YOU
28. THE SPRING OF DAL JA
29. PERSON I LOVE
30.  ON AIR
31. WITCH AMUSEMENT
32. ONE FINE DAY
33. MARIDAGUE’S ATTACK AND DEFENCE BATTLE
34. SASSY GIRL CHUN-HYANG
35. WAR of MONEY
36. SMILE AGAIN
37. STAINED GLASS
38. THE LEGEND
39. WINTER SONATA
40. A LOVE TO KILL
41. COFFEE PRINCE
42. MY GIRL
43. THE KING AND I
44. I’M SAM
45. SUPER ROOKIE
46. HELLO MISS
47. DID WE REALLY LOVE?
48. SANG-DOO! LET’S GO TO SCHOOL
49. AUTUMN IN MY HEART (ENDLESS LOVE)
50. TREE OF HEAVEN
51. SNOW QUEEN
52. TO MARRY A MILLIONAIRE
53. THE MEMORIES OF BEAUTIFUL DAYS
54. POWERFULL OPPONENTS
55. SINGLE DAD IN LOVE
56. IN SOON IS PRETTY
57. LITTLE BRIDE
58. SUMMER SCENT
59. POTATO BOY
60. I LOVE YOU
61. WHY DID YOU COME TO MY HOUSE?
62. LOVERS IN PARIS
63. NEW HEART
64. SUNSHINE OF LOVE
65. STAIRWAY TO HEAVEN
66. HARD LOVE
67. GREEN ROSE
68. SOMETHING HAPPENED IN BALI
69. SAVE THE LAST DANCE FOR ME
70. DAE JANG GEUM

1 komentar:

  1. mau nyari yg serial dramanya dibintangi artis Shin Min Ah ap y jdulnya..??selain A LOVE to KILL ..:)

    BalasHapus